Laporan Praktikum Eksperimen Fisika Modern Lengkap untuk Mahasiswa


Eksperimen Fisika adalah kategori disiplin ilmu dan sub-disiplin ilmu di bidang fisika yang berkaitan dengan pengamatan fenomena fisik melalui sebuah eksperimen. Metode bervariasi dari disiplin ke disiplin, dari percobaan dan pengamatan sederhana, seperti percobaan Cavendish , ke yang lebih rumit, seperti Large Hadron Collide. 
Fisika eksperimental menyusun kembali semua disiplin ilmu fisika yang berkaitan dengan akuisisi data, metode akuisisi data, dan konseptualisasi terperinci (di luar eksperimen pemikiran sederhana ) dan realisasi percobaan laboratorium. Hal ini sering dikontraskan dengan fisika teoretis, yang lebih berkaitan dengan memprediksi dan menjelaskan perilaku fisik alam daripada perolehan pengetahuan tentangnya.

Meskipun fisika eksperimental dan teoretis berkaitan dengan berbagai aspek alam, keduanya memiliki tujuan yang sama untuk memahami dan memiliki hubungan simbiosis. Yang pertama memberikan data tentang alam semesta, yang kemudian dapat dianalisis untuk dipahami, sedangkan yang kedua memberikan penjelasan untuk data dan dengan demikian menawarkan wawasan tentang bagaimana cara mendapatkan data yang lebih baik dan cara mengatur eksperimennya. Fisika teoretis juga dapat menawarkan wawasan tentang data apa yang dibutuhkan untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang alam semesta, dan tentang eksperimen apa yang harus dirancang untuk memperole sesuatu yang baru.

Berkaitan dengan eksperimen fisika yang telah diuraikan sebelumnya, di perguruan tinggi khususnya yang mengambil jurusan fisika diwajibkan untuk melakukan praktikum yang berkaitan dengan eksperimen fisika tersebut. Kegiatan praktikum eksperimen fisika sebagian besar berkaitan dengan fisika modern dan biasanya diadakan ketika Anda memasuki tahun kedua. Sebelum memasuki tahap laboratorium tersebut alangkah baiknya Anda memiliki persiapan yang dapat membantu Anda dalam menyelesaikan masalah laboratorium, mulai dari pengetahuan prosedur yang dilakukan dalam unit yang dipraktikumkan hingga penulisan laporan ilmiahnya. Nah, pada kesempatan kali ini, thinksphysics akan membagikan contoh laporan praktikum eksperimen fisika yang telah valid yang bisa menjadi referensi bagi Anda dalam menghadapi praktikum eksperimen fisika selama satu semester.

Adapun contoh laporan yang kami sediakan berdasarkan nama unit kegiatan praktikum eksperimen fisika modern adalah sebagai berikut:
  1. Unit 1. Radiasi Benda Hitam (Download)
  2. Unit 2. Tetes Minyak Milikan (Download)
  3. Unit 3. Efek Foto Listrik (Download)
  4. Unit 4. Spektrum Garis Berbagai Jenis Atom (Download)
  5. Unit 5. Aktivitas Zat Radioaktif (Download)
  6. Unit 6. Interferometer Michelson (Download)
  7. Unit 7. Percobaan Franck-Hertz (Download)
Demikianlah postingan laporan praktikum eksperimen fisika pada kesempatan kali ini, jangan lupa bagikan ke teman-teman seperkuliahannya agar kita mampu tumbuh menjadi insan-insan saintis dan berkembang bersama untuk membangun negeri ini serta memiliki daya saing global. Semoga bermanfaat bagi Anda, terima kasih.

2 komentar: Laporan Praktikum Eksperimen Fisika Modern Lengkap untuk Mahasiswa