Origin: Aplikasi Analisis Data dan Plot Grafik

Origin adalah program analisis data dan grafik yang digunakan lebih dari setengah juta ilmuwan dan insinyur di berbagai industri komersial, kalangan akademisi, dan laboratorium pemerintah di seluruh dunia. Origini memberikan fitur-fitur yang mudah untuk pemula, yang telah dikombinasikan berbagai fitur pendukung yang mampu membantu pengguna agar lebih mengetahui fungsi dari setiap fitur aplikasi ini. 

Origin beserta hasil analisisnya dapat secara otomatis memperbarui data atau perubahan parameter-parameter yang digunakan, memungkinkan Anda bisa membuat fungsi lembar kerja (worksheet) secara berulang atau dapat melakukan operasi batch melalui fitur yang dimiliki, sehingga pengguna tidak perlu melakukan pemrograman. Aplikasi Origin/Origin Pro ini tehubung dengan aplikasi lain seperti MATLAB, LabVIEW, dan Microsoft Excel.

Aplikasi origin ini sangat berguna bagi mahasiswa dalam mengolah data hasil penelitian maupun survey. Selain itu, aplikasi ini relatif lebih mudah digunakan dalam mengolah, menganalisis data dan membuat grafik seperti plotting grafik data XRD (X-Ray Diffraction), data FTIR (Fourier Transfer Infrared), data XRF (X-Ray Flourensence), data EIS (Eloctrochemical Impedance Spectroscopy), voltametri siklik, dan masih banyak lagi. Jadi bagi anda yang merasa mehasiswa yang sering melakukan penelitian maupun survey, jika anda ingin mengolah datanya maka aplikasi origin ini adalah pilihan yang tepat bagi Anda, selain menawarkan fitur yang begitu kompleks, juga mudah digunakan. Berikut adalah tampilan mind window Originpro:
Gambar 1. Tampilan laman utama OriginPro 2017
Adapun beberapa analisis dan plotting aplikasi Origin/Originpro yang telah dihasilkan untuk membantu keperluan penelitan adalah sebagai berikut:
Gambar 2. Multi Plotting Grafik. Sebuah multi-Y (3Y-YY) grafik dengan tiga lapisan tumpang tindih berbagi sumbu X umum. Perhatikan bahwa garis sumbu Y dan warna label cocok dengan plot data.
Gambar 3. Sebuah Permukaan Plot 3D OpenGL dengan beberapa permukaan ditumpuk dalam satu lapisan grafik. Grafik telah disesuaikan dengan menetapkan gaya plot yang unik dan offset Z kustom untuk setiap permukaan. Beberapa permukaan juga dirender sebagai bidang datar
Gambar 4. Anotasi di awal setiap kurva. Garis merah lurus ditambahkan dengan nomor gelombang yang ditentukan
Gambar 5. Sebuah multi-panel grafik menggabungkan beberapa lapisan kontur dan garis plot diatur secara fleksibel . Perhatikan lapisan inset di panel kanan bawah. Panel atas menampilkan garis-garis yang ditumpuk oleh sumbu y sehingga memudahkan perbandingan beberapa plot data.
Gambar 6. Sebuah Double-Y Plot memungkinkan untuk mudahkan perbandingan dua dataset. Perhatikan bahwa sumbu dan label pada sumbu Y memiliki warna yang sama dengan plot data yang diwakilinya. Fitur lain termasuk notasi ilmiah untuk label pada sumbu Y kanan, label centang khusus pada posisi sumbu yang ditentukan pengguna, dan pemutusan sumbu pada sumbu X. 
Gambar 7. Alat Peak Analyzer di Origin mendukung deteksi dasar, pengambilan puncak, dan integrasi puncak. Di OriginPro, alat ini juga mendukung pemasangan ataupun pencocokan beberapa puncak . Metode deteksi puncak meliputi pencarian turunan ke-2 untuk mendeteksi puncak yang tumpang tindih atau tersembunyi. Fiturnya memandu Anda langkah demi langkah, memungkinkan Anda untuk menyesuaikan pengaturan di setiap tahap, dan kemudian menyimpan pengaturan sebagai tema untuk digunakan berulang pada data yang sama.
Pada grafik diatas hanya beberapa dari sekian banyak plotting grafik yang bisa dilakukan oleh aplikasi Origin. Untuk mengetahui lebih lanjut beberapa fitur plotting grafik yang lebih lengkap silahkan kunjungi laman www.originlab.com.

Pada postingan kali ini, kami akan membagikan aplikasi origin ini secara gratis dan full versi. Anda dapat mendownload aplikasi ini dengan mengklik link download yang kami bagikan di bawah ini. Berikut link downloadnya:


Demikianlah postingan aplikasi origin pada kesempatan kali ini, jangan lupa bagikan ke teman-teman seperkuliahannya agar kita mampu tumbuh menjadi insan-insan saintis dan berkembang bersama untuk membangun negeri ini serta memiliki daya saing global. Semoga bermanfaat bagi Anda, terima kasih.