Asal Mula Virus Corona COVID-19

Asal Mula Virus Corona COVID-19

Desas-desus virus corona ini mulai muncul pada akhir Desember tahun lalu. Pada saat itu, pejabat kesehatan masyarakat dari Tiongkok memberi tahu Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) bahwa mereka telah dilanda masalah yang serius yaitu timbulnya virus baru yang tidak diketahui menyebabkan timbulnya penyakit seperti pneumonia di kota Wuhan. Merekapun menamai virus itu dengan sebutan virus corona (coronavirus). Virus ini sangat aktif dan secara instan menyebar ke seluruh penjuru kota Wuhan.

Kekhawatiran masyarakat cina tentang virus corona
Gambar 1. Kekhawatiran Di Cina Saat Virus Corona Menyebar (Foto oleh Kevin Frayer / Getty Images)

Virus corona pada umumnya terdapat pada hewan seperti mamalia, dan virus ini kadang-kadang dapat berevolusi menjadi bentuk yang dapat menginjeksi atau menginfeksi manusia. Sejak awal abad ini, dua jenis virus yang diklaim mirip dengan coronavirus lain telah melonjak ke manusia, dan menyebabkan timbulnya wabah penyakit seperti SARS (Severe Acute Respiratory Syndrome) pada tahun 2002 dan wabah MERS ( Middle-East Respiratory Syndrome) pada tahun 2012.

Para ilmuwan berasumsi bahwa virus baru ini (coronavirus) pertama kali terinfeksi ke manusia pada awal Desember tahun lalu. Awalnya virus itu terinfeksi oleh salah satu seseorang di daerah sekitaran pasar seafood di Wuhan dan mulai menyebar dari lokasi tersebut. akan tetapi, salah satu hasil analisis dari kasus awal penyakit dari virus corona yang diterbitkan pada tanggal 24 Januari 2020, menemukan bahwa pasien pertama yang terinfeksi virus sama sekali tidak tidak pernah terkontaminasi dengan lingkungan pasar seafood tersebut. Sampai akhirnya, para ahli hingga saat ini masih mencoba melacak sumber dari wabah penyakit virus corona ini.

Laporan hasil analisis pasien pertama yang terkena virus corona ini dapat dilihat melalui link berikut

Jenis hewan yang berasal dari virus corona ini belum dapat dipastikan dengan jelas, meskipun hasil laporan analisis yang telah dilampirkan di atas menemukan bahwa urutan genetik virus baru corona ini adalah 96 persen identik dengan milik kelelawar. Terlepas dari kenyataan tersebut, virus SARS dan MERS juga berasal dari kelelawar maka tidak heran bahwa virus corona merupakan keluarga dari virus SARS dan MERS yang pernah terjadi sebelumnya dan terlah merenggut banyak nyawa.


Sumber Berita: