Sumber Partikel Elementer yang Populer Saat Ini

Sumber Partikel Elemen yang Populer Saat Ini

Saat kini kita mengenal tiga sumber besar penghasil berbagai partikel elemen antara lain sinar kosmik, reaktor nuklir dan pemercepat partikel. 

Ruang angkasa bumi pada dasarnya mengalami ledakan akibat partikel berenergi tinggi seperti proton dari luar angkasa. Ketika partikel berenergi tinggi bertabrakan dengan atom di bagian luar lapisan udara, hujan partikel akan dihasilkan (karena berbentuk seperti hujan). Sumber partikel tersebut disebut "COSMIC RAY". Secara umum, sebagian besar partikel yang dihasilkan dalam sinar kosmik adalah partikel elementer lainnya yang disebut MUON. Muon adalah partikel elemen bermuatan negatif seperti elektron, tetapi memiliki massa yang jauh lebih besar daripada elektron. Berdasarkan hasil penelitian, muon memiliki massa sekitar 200 kali massa elektron.

Reaktor nuklir dewasa ini dapat menghasilkan berbagai jenis partikel misalnya dengan cara meluruhkan zat yang bersifat radioaktif. Peluruhan zat radioaktif secara umum dapat menghasilkan neutron, sinar alpha yang merupakan gabungan dasar dari partikel neutron dan partikel proton, sinar beta yang terdiri dari elektron dan sinar gamma yang disebut juga FOTON. 

Akselerator partikel adalah serangkaian peralatan yang dapat meningkatkan kecepatan partikel saat bergerak. Salah satu cara untuk mempercepat partikel adalah dengan menginjeksikan energi dan mengatur jumlah elektromagnetik yang digunakan dalam berkas partikel sehingga partikel tersebut dapat mencapai energi kinetik yang diharapkan dalam gerakannya. Saat ini, berbagai berkas partikel dapat diproduksi seperti balok positron, balok antiproton, balok muon dan sejenisnya.

Beberapa pemercepat partikel terbesar dunia yang masih aktip dan masih menghasilkan data penelitian sampai sekarang antara lain: 
  • Stanford Linear Accelerator Center (SLAC), California, USA.
  • Cornell Electron Synchrotron (CLEO), New York, USA.
  • The Continuous Electron Beam Accelerator Facility (CEBAF), Virginia, USA.
  • National Laboratory for High Energy Physics (Koh-Ene-Ken) (KEK), Ibaraki, Jepang. 
  • Conseil Europeenpuorla Recherche Nucleaire (CERN), Geneva, Switzerland. 
  • Deutches Elektromen Synchrotron(DESY), Hamburg,Jerman.
  • Serpukhov Proton Synchrotron, Sepukhov, Russia. 
  • Synchrotron Light Research Institute (SLRI), 75/47 Ministry of Science and Technology, Rama VI ROad, Tungpayathai, Ratchathewi, Bangkok 10400 Thailand
Demikian artikel penjelasan singkat tentang Sumber Partikel Elemen yang Populer Saat Ini semoga bermanfaat bagi pembaca baik itu kalangan akademisi yang menggeluti bidang ilmu fisika maupun kalangan masyarakat umum untuk menambah wawasan akan bidang ilmu lain.