Sumber Daya Energi dan Dampak Lingkungan

Sumber Daya Energi dan Lingkungan

Energi sangat penting dalam kehidupan kita sehari-hari karena merupakan kebutuhan dasar manusia. Kami menggunakan energi di hampir setiap aktivitas dalam sehari. Ada berbagai bentuk sumber daya energi di bumi. Semua sumber energi berdampak pada lingkungan kita dan dampak lingkungan dari sumber daya energi memiliki asal yang beragam. Pada artikel ini, kita akan membahas sumber daya energi dan dampak ekologisnya.

Apa itu Sumber Daya Energi?

Energi diperlukan untuk evolusi bentuk kehidupan di bumi. Energi diperoleh dari berbagai sumber. Segala sesuatu yang kita gunakan saat ini – pakaian, gas untuk memasak, furnitur, makanan, buku catatan, kendaraan, rumah, bahan bakar, jalan, mainan, perkakas, dll.- diperoleh dari sumber daya di bumi.
Sumber daya alam adalah sumber energi utama untuk aktivitas sehari-hari manusia, tanpanya dunia akan tetap menjadi Zaman Batu. Namun, penggunaan sumber daya juga mempengaruhi lingkungan kita dan menyebabkan beberapa dampak lingkungan. Kami akan membahas dampak lingkungan dari penggunaan sumber daya kami.

Apa Dampak Lingkungannya?

Beberapa Isu dampak lingkungan utama adalah sebagai berikut:
  • Sumber daya tak terbarukan seperti batu bara dan minyak bumi menyebabkan lebih banyak kerusakan lingkungan jika dibandingkan dengan sumber daya terbarukan, dalam bentuk polusi udara dan air, timbulan limbah beracun, dll.
  • Batubara mengeluarkan belerang sebagai emisi yang merusak pepohonan. Selain itu, tanaman ekstraksi mereka mencemari sungai dan danau dan berdampak buruk pada ekosistem perairan.
  • Produksi dan penggunaan minyak mengakibatkan pelepasan oksida karbon beracun ke udara.
  • Bahkan sumber daya terbarukan tidak sepenuhnya ramah lingkungan. Pembangkitan energi dari angin, matahari, pasang surut, dll. juga menciptakan dampak lingkungan yang berbahaya dan memengaruhi keanekaragaman hayati hingga tingkat yang signifikan.
  • Pembuangan gas alam melepaskan nitrogen dan bahkan metana oksida, yang memengaruhi manusia dan hewan yang menggunakan air dari badan air yang terkena dampak.
  • Biomassa juga menghasilkan gas berbahaya. Abu yang dihasilkan dari pembakaran biomassa adalah limbah lain yang tidak diinginkan yang menyebabkan masalah pembuangan karena kandungan timbal dan kadmiumnya.
  • Memproduksi sel fotovoltaik (PV) menghasilkan bahan kimia beracun.
  • Meskipun tenaga air tidak menyebabkan polusi udara atau air, hal itu sangat berdampak pada populasi ikan. Ini menyebabkan relokasi orang dan hewan yang tinggal di dekat lokasi bendungan. Selain itu, itu mengubah suhu air.

Sumber Daya Energi dan Dampak Lingkungan

Dengan demikian, semua sumber energi memiliki dampak terhadap lingkungan. Tidak ada sumber energi yang 'bersih'. Penghiburannya adalah bahwa sumber daya terbarukan menyebabkan dampak lingkungan yang lebih kecil daripada sumber daya energi yang tidak terbarukan. Penelitian masih dilakukan untuk pengembangan sumber daya yang tahan lama dan memiliki dampak lingkungan yang minimal!

Pertanyaan yang Sering Diajukan – FAQ

Apa yang dianggap sebagai energi terbarukan?

Energi dari sumber yang tidak habis saat digunakan, seperti tenaga angin atau matahari.

Apakah energi terbarukan berkelanjutan?

Semua sumber energi terbarukan seperti matahari, angin, panas bumi, tenaga air, gelombang dan tenaga pasang surut adalah bentuk energi berkelanjutan.

Apa yang dimaksud dengan sumber energi tak terbarukan?

Sumber daya tak terbarukan dapat diekstraksi dari bumi dan akan habis seiring berjalannya waktu. Contoh sumber daya tak terbarukan adalah gas alam, batu bara, minyak bumi, energi nuklir, dll.

Apa sumber energi utama di Indonesia?

Ketika tujuan komersial dianggap batu bara, minyak, dan gas alam adalah sumber energi utama di Indonesia

Apakah energi terbarukan hemat?

Energi terbarukan 100% efisien.

Referensi

Byjus. 2019. Energy resources enviromental. https://byjus.com/physics/energy-resources-environmental-impacts/. Diakses pada tanggal 10 januari 2023

Sitasi Artikel

Thinks Physics. 2023. Sumber Daya Energi dan Dampak Lingkungan. Halaman website (copy link). Diakses pada tanggal (tanggal akses anda)
Lebih baru Lebih lama