Jasa Analisis Data XRD Secara Kualitatif dan Kuantitatif (Rietveld Refinement) Terpercaya

Jasa Analisis Data XRD Kualitatif dan Kuantitatif (Rietveld Refinement) Terpercaya

Sinar X merupakan gelombang elektromagnetik berskala nanometer dan memiliki energi yang sangat tinggi. Sinar-X ini memiliki panjang gelombang sekitar 1 Å dimana sinar-X ini berada di antara panjang gelombang sinar gamma (γ) dan sinar ultraviolet. Sinar-X dihasilkan jika elektron berkecepatan tinggi menabrak atau menumbuk suatu target yang berupa logam (Gambar 1). Elektron berkecepatan tinggi ditembakkan ke arah elektron yang terdapat pada orbital 1s akan menyebabkan timbulnya peristiwa eksitasi elektron yaitu suatu keadaan dimana elektron mengalami perpindahan dari sub kulit atau lintasan dengan energi rendah menuju energi yang lebih tinggi dan mengakibatkan terjadinya kekosongan elektron pada orbital 1s tersebut. Dengan terbentuknya pengisian elektron pada orbital kosong dalam suatu lintasan orbital yang memiliki energi yang lebih tinggi, maka akan terjadi terbentuknya pancaran sinar - X. 

Sinar-X yang dihasilkan memberikan puncak intensitas tertentu bergantung pada peluang transisi elektron yang terjadi. Transisi Kα lebih memungkinkan terjadi serta memiliki intensitas yang lebih tinggi daripada transisi Kβ, sehingga sebagian besar radiasi Kα yang digunakan sebagai keperluan identifikasi material melalui eksperimen difraksi sinar-X. Sinar-X yang bersifat monokromatik sangat diperlukan ketika ingin melakukan suatu eksperimen yang berkaitan dengan difraksi sinar-X, maka sangat diperlukan untuk menggunakan filter radiasi yang secara selektif dapat meneruskan panjang gelombang sinar X yang diperlukan. Untuk sinar-X dari tabung tembaga, biasanya digunakan lembaran nikel sebagai filter radiasinya. Nikel sangat efisien dalam mentransmisikan radiasi Cu Kα, hal ini terjadi karena energi yang dimiliki oleh radiasi Cu Kβ, cukup untuk mengionisasi elektron Nikel pada orbital 1s. Dengan demikian, lembaran nikel tersebut akan mengabsorpsi semua panjang gelombang termasuk radiasi putih, kecuali radiasi Cu Kα karena diloloskan oleh Nikel tersebut. Hal inilah yang menyebabkan radiasi Cu Kα dengan filter Nikel sangat efektif digunakan sebagai sumber sinar-X untuk percobaan atau analisis difraksi di Laboratorium.

Radiasi CuKa umumnya memiliki panjang gelombang sebesar 1.5042 Å. Eksperimen difraksi sinar-X atau XRD (X-Ray Diffraction) pada umumnya membutuhkan panjang gelombang sinar-x dari urutan mulai dari jarak interatomik yang ada pada sampel uji yaitu dengan kisaran nanometer guna menghasilkan gangguan yang berupa peristiwa difraksi. Difraksi sinar-X merupakan salah satu teknik menganalisis padatan kristalin dimana outputnya beragam salah satunya berupa fasa senyawa. 

Difraksi sinar X saat ini telah mengambil peranan penting sebagai landasan sains sejak abad kedua puluh. Perkembangan yang dimiliki tentunya telah mempercepat perkembangan ilmu pengetahuan sains khususnya pada bidang zat padat dan memberikan jalur untuk mengetahui tentang ikatan kimia pada suatu material. 

Seiring berjalannya waktu, tak dapat dipungkiri bahwa perkembangan riset di dunia semakin berkembang pesat salah satunya pada bidang Material dan Kristalografi. Di Indonesia, penelitian mengenai tentang metarial telah intensif dilakukan guna untuk menciptakan produk-produk berbasis nanomaterial yang sifatnya aplikatif dan bermanfaat secara berkelanjutan. Selain itu, penelitian tentang material ini juga dilakukan untuk keperluan publikasi ilmiah baik secara nasional maupun internasional. Salah satu metode yang saat ini sering digunakan oleh para peneliti di tanah air untuk mengidentifikasi material nano adalah melalui analisis XRD (X-Ray Diffraction).

Dengan melihat fakta riset telah intensif dilakukan, maka Kami menyediakan Layanan Analisis Data XRD yang siap melayani Anda dari berbagai daerah di seluruh Indonesia guna untuk membantu Anda dalam mengolah data penelitian Anda khususnya pada Data XRD. Jasa atau Layanan ini tersedia mulai dari project penelitian untuk pemerintahan, Universitas, Non-Goverment Organization (NGO), atapun bagi Anda yang sedang melakukan penelitian lapangan, skripsi, tesis, disertasi, serta apapun yang berkaitan dengan analisis data XRD. Analisis data XRD ini pada dasarnya digunakan untuk keperluan karakterisasi sampel atau material untuk dapat mengetahui karakteristik mikrostrukutural dari suatu material seperti identifikasi fasa senyawa kristal, ukuran kristal, dan struktur kristal. Jasa layanan analsis data ini terdapat dua macam yaitu analisis secara kualitatif dan analisis secara kuantitatif.

Software yang kami gunakan dalam menganalisis data XRD baik itu secara kualitatif maupun kuantitatif (Rietveld Refinement) dan pemodelan struktur kristal material adalah sebagai berikut:
  • Match! 3 yang merupakan software identifikasi data XRD versi terbaru dari Crystal Impact referensi database terupdate yaitu:
  1. COD REV248644 - 2020.03.03, (Database untuk X-Ray Diffraction Powder).
  2. COD-Inorganic-20190329 (Database untuk XRD dari material inorganic), dan
  3. COD-Cements-20140730 (Database XRD khusus untuk material semen)
  • Full Proof 2020
  • Diamond 4
  • VESTA
  • MAUD 2019
  • Origin 2019
Analisis data XRD secara kualitatif kami menggunakan aplikasi Match!3 sedangkan analisis data XRD secara kuantitatif kami menggunakan software Fullproof 2020 terintegrasi Match! 3 dan MAUD 2019. Software yang digunakan untuk membuat pemodelan sruktur kristal mulai dari hasil analisis kualitatif hinggan kuantitatif kami menggunakan Diamond 4 atau VESTA. Serta plotting data XRD menggunakan aplikasi Origin 2019.

Adapun tahapan yang harus dilakukan oleh klien untuk menggunakan jasa analisis data XRD kami adalah sebagai berikut:
  1. Klien memberikan informasi tentang history sampel yang digunakan selama proses penelitian dan memberikan gambaran awal tentang fase senyawa yang diharapkan muncul dalam hasil sintesis bahan yang dilakukan. Hal ini bertujuan untuk memudahkan dalam proses identifikasi fasa data XRD dari hasil penelitian klien.
  2. Jika bahan yang telah diuji XRD berupa mineral (unsur atau senyawa dari alam), disarankan untuk melakukan pengujian tahap awal yaitu uji XRF (X-Ray Flouresence) terlebih dahulu agar raw materialnya dalam hal ini unsur-unsur penyusun material alam tersebut dapat teridentifikasi sehingga dapat memudahkan kami dalam analisis sampel yang akan dianalisis.
  3. Klien melampirkan data hasil uji XRD, secara umum data XRD tersedia dalam ekstensi .rd, raw, xrdml, dan xy berdasarkan hasil pengukuran XRD dari laboratorium. Data-data hasil pengukuran XRD tersebut dikirim melalui email kami thinksphysics@gmail.com. Pada bagian subjek email, sertakan nama lengkap dan asal institusi Anda.

Untuk harga Layanan dan Jasa Analisis Data XRD ini terdapat 3 macam yaitu analisis data XRD secara kualitatif (RIR Method), analisis data XRD secara kuantitatif (Rietveld Method), dan pemodelan struktur kristal dari hasil analisis data yang telah dilakukan. Berikut adalah daftar harga layanan analisis XRD yang kami tawarkan:
  • Analisis data XRD secara kualitatif (RIR Method) Rp. 300.000 per sampel.
  • Analisis data XRD secara kuantitatif (Rietveld Refinement) Rp. 400.000per sampel.
  • Pemodelan Struktur Kristal Rp. 100.000 per sampel.
Berikut adalah informasi yang dapat Anda peroleh dari hasil analisis XRD yang kami kerjakan adalah sebagai berikut:
  • Hasil identifikasi senyawa berupa fasa kristalin yang yang terbentuk dalam sampel.
  • Persentase komposisi senyawa yang terkandung dalam sampel.
  • Identifikasi struktur kristal berupa bentuk geometri (space group), unit sel kristal, parameter kisi kristal, serta volume sel kristalin sampel.
  • Distribusi rata-rata ukuran kristal sampel uji
  • Parameter-parameter hasil Rietveld refinement yang meliputi, Rp, Rwp, Rexp, Chi², parameter kisi, volume unit cell, densitas, distribusi ukuran kristal, dan lain sebagainya (jika menggunakan analisis kuantitatif).
Catatan: Khusus untuk analisis data XRD secara kuantitatif dengan menggunakan metode Rietveld Refinement, kami hanya menerima sampel yang diyakini akan menghasilkan tingkat kemurnian yang tinggi setelah melalui beberapa tahap sintesis, serta sampel murni yang akan didoping, Kami tidak akan menerima jika sampelnya berasal dari alam yang mengindikasikan banyaknya pengotor (impurity).

*Untuk proses negosiasi, silahkan didiskusikan melalui WhatsApp


Berikut adalah beberapa contoh hasil analisis yang telah kami lakukan mulai dari analisis data XRD secara kualitatif, analisis data XRD secara kuantitatif:

Hasil Analisis Data XRD secara Kualitatif (RIR Method)

Hasil Analisis Sampel Lanthanum Boride
Gambar 2. Hasil Analisis Sampel Lanthanum Boride

Hasil Analisis XRD Magnetite
Gambar 3. Hasil Analisis Sampel Magnetite (Fe3O4)


Hasil Analisis Data XRD Secara Kuantitatif (Rietveld Refinement)

Gambar 3. Hasil Analisis Rietveld Refinement ZnO Murni

Selain analisis XRD, kami juga menyediakan jasa pemodelan struktur kristal dari hasil analisis data XRD yang telah dilakukan. Berikut adalah beberapa sampel yang telah kami hasilkan untuk dapat dijadikan referensi awal Anda sebelum menggunakan jasa kami:

Hasil Pemodelan Struktur Kristal

Gambar 4. Pemodelan Struktur Kristal Fe3O4
Gambar 5. Pemodelan Struktur Kristal MgO
Gambar 6. Pemodelan Struktur Kristal ZrZiO4
Gambar 7. Pemodelan Struktur Kristal TiO2



Pesan Jasa Analisis Data XRD dan Pemodelan Struktur Kristal

Untuk melihat testimoni klien kami silahkan klik link yang kami sediakan
Klien 1 (Via Google Drive)
Klien 2 (Via Google Drive)
Link testimoni di atas merupakan beberapa testimoni dari sekian klien yang pernah kami layani dalam menganalisis data XRD

Adapun proses pembayaran Jasa Analisis XRD Secara Kualitatif dan Kuantitatif (Rietveld Refinement) Serta Pemodelan Struktur Kristal ini, kami menerima pembayaran melalui transfer bank BNI dan BRI. Jika sudah ada kesepakatan harga antara pemberi jasa dengan klien, maka pembayaran harus dilakukan di awal sebanyak 50% dari total biaya jasa bersamaan dengan pengiriman data mentah XRD dari instrumen tertentu yang akan dianalisis.

Jika terdapat kesalahan atau hasil analisis berbeda dari yang diharapkan, kami menerima revisi sebanyak 2 kali secara gratis dengan masa garansi selama 2 minggu setelah hasil analisis diterima oleh klien. Pengiriman hasil analisis data XRD nantinya akan melalui email (soft file) atau WhatsApp milik klien. Jadi, Bagi Anda yang membutuhkan Jasa Analisis Data XRD, silahkan hubungi kontak yang tertera di atas terima kasih.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama