Cara Mudah dan Cepat Memahami Ilmu Biologi (Tips dan Trik untuk Siswa dan Mahasiswa)

Biologi... Apa yang terlintas di benak Anda? Hafalan? Banyak istilah? Materi terlalu susah dipelajari? Banyak kalangan akademisi mengeluhkan hal tersebut. Oleh karena itu, mengetahui cara mudah dan cepat dalam memahami pelajaran biologi beserta tips dan trik mudah menguasai materi biologi tersebut sangat diperlukan sehingga keluhan-keluhan yang muncul dapat teratasi.

Cara Mudah dan Cepat Memahami Pelajaran Biologi

Secara praktis ilmu biologi merupakan ilmu yang mencakup bahasan terkait makhluk hidup dan maupun benda lainnya yang mempengaruhi makhluk hidup tersebut. Bahasan awal biologi seharusnya tidaklah berpaku kepada materi hafalan, namun lebih berpijak pada substansi kimiawi dasar yang menyusun ‘kehidupan’ itu sendiri sebagai pokok bahasan. Kimia kehidupan merupakan bahasan dasar biologi agar dapat membuka cakrawala berpikir teman-teman sekalian atas konsep-konsep kehidupan. Hafalan merupakan hal yang mutlak pada seluruh cabang keilmuan, namun yang terpenting adalah pemahaman dasar yang dapat diasosiasikan satu dengan yang lainnya sehingga mampu mendukung daya pikir dan pola pemahaman seorang pembaca. 

Agar mampu memahami materi apapun itu terkhusus pelajaran biologi, maka seharusnya kawan sekalian tidaklah berpandangan konservatif yang menganggap suatu cabang ilmu sulit dan rumit. Psikologi awal pandangan seseorang terhadap sesuatu atau kerennya disebut first impression amat memengaruhi pola interaksinya pada sesuatu. Berpandangan positif dan disiplin serta giat merupakan kiat utama dalam memahami suatu ilmu.

Silabus atau susunan materi pembelajaran haruslah disusun sedemikian rupa agar dapat sinkron satu dengan yang lainnya. Dalam mempelajari suatu ilmu sama halnya dengan menaiki anak tangga, yakni haruslah dari anak tangga pertama kemudian berpijak pada anak tangga berikutnya. Urutan materi yang tersusun dan terencana dengan baik amatlah membantu dalam proses asosiasi dan akomodasi keilmuan seseorang.

Hal lain yang tak kalah pentingnya, yakni model atau gaya belajar yang pas bagi kawan-kawan sekalian. Gaya belajar seseorang amatlah berbeda satu dengan yang lainnya. Cocoknya gaya belajar itu sendiri tidaklah dapat diketahui secara teoritis, namun seseorang haruslah mengolah setiap probabilitas hingga menemukan gaya belajar yang tepat baginya. Secara umum gaya belajar berpijak pada tiga hal dasar, yaitu visual (tampilan), audio (bunyi) dan psikomotorik (gerak tubuh).

Kemajuan teknologi saat ini amatlah memudahkan kita dalam mencari gaya belajar yang pas, namun bagi kalian yang ingin mengetahui dengan mudah ada satu trik. Video pembelajaran merupakan salah satu jalan yang mudah untuk ditempuh dalam mencari gaya belajar yang tepat. Kombinasi visual, audio, serta memungkinkan kita dalam bergerak misalnya mencatat (psikootorik) mampu menampilkan ketiga probabilitas gaya belajar sehingga dapat memudahkan kita dalam memahami kecocokan gaya belajar personal.

Saat ini banyak video model pembelajaran pada materi biologi perkuliahan terbaru dan terupdate sesuai dengan perkembangan ilmu biologi bertaraf internasional. Namun, perlu kita sadari bahwa terdapat faktor penting lainnya yakni Bahasa yang digunakan pada suatu video. Mayoritas video pembelajaran biologi tingkat perkuliahan saat ini masihlah berbahasa inggris. 

Namun, jangan risau kawan-kawan sekalian. Biologi bersama Khairil Asnan Haedar hadir untuk membantu kawan sekalian. Materi yang disusun secara terstruktur, sajian berbahasa Indonesia, serta diajarkan dengan pola konseptual in syaa Allah mampu membantu kawan sekalian dalam memahami konteks pembelajaran biologi untuk siswa terutama pada level mahasiswa. Selain itu, Model pembelajaran yang diberikan berbasis visual atau video pembelajaran yang mengikuti era perkembangan ilmu biologi berstandar internasional masa kini. Untuk informasi lebih lengkap mengenai video pembelajaran yang disajikan, mari kita cari tahu melalui link berikut:


Semoga dengan mengikuti model pembelajaran berbasis visual atau video tersebut dapat membantu teman-teman sekalian dalam memperlajari ilmu biologi yang tentunya mengikuti era perkembangan ilmu pengetahuan bertandar internasional, sehingga paradigma teman-teman sekalian tentang ilmu biologi itu susah perlahan-lahan akan memudar, dan tentunya teman-teman tidak akan ketinggalan kemajuan ilmu biologi masa kini dan yang akan datang.