Pengenalan Tools Match! 2 dan Fungsinya - Software Analisis Data XRD

Pengenalan Tools Match! 2 dan Fungsinya - Software Analisis Data XRD

Versi Match! yang akan digunakan dalam menganalisis data XRD pada bagian pengenalan aplikasi ini adalah Match! 2. Sebelum memasuki tahap analisis data XRD tersebut, maka sebaiknya kita membangun pemahaman dasar kita tentang tools software Match! ini beserta fungsinya agar kita lebih mudah dalam menganalisis dan memahami data XRD yang akan di analisis.

Tools dasar ini sangat penting diperhatikan dan dikuasai agar Anda lebih leluasa dalam mengembangkan pengetahuan Anda dalam menganalisis data XRD. Berikut adalah tools Match! 2 yang sangat penting dan harus Anda kuasai lengkap dengan ikonnya masing-masing:

Creat New, berfungsi untuk membuat lembar kerja baru. Perintah ini juga bisa digunakan dengan cara menekan tombol Ctrl + N.

Open Match!, berfungsi untuk memasukkan, eksport/import data XRD, perintah ini juga bisa digunakan dengan cara menekan tombol Ctrl + O

Save File, berfungsi untuk menyimpan file, perintah ini juga bisa digunakan dengan cara menekan tombol Ctrl + S

Print, berfungsi untuk mencetak data-data hasil analisis yang telah dilakukan. Adapun hasil analisis yang dapat dicetak adalah, hasil analisis, kandidat senyawa yang diberikan Match!, data sheet, Match! List, data puncak difraksi yang terbentuk, dan pola difraksi hasil analsis. Tools ini juga dapat diaktifkan dengan cara menekan Ctrl + P.

Automatic Process, berfungsi untuk memproses secara otomatis data XRD yang dimasukkan mulai dari membuat data kalkulasi, menandai puncak data difraksi, dan menawarkan kandidat fase senyawa dari raw/data mentah yang di import ke dalam lembar kerja Match!.

Tools ini berada tepat disamping tool Automatic process, dimana ini berfungsi untuk mengatur proses-proses yang berjalan secara otomatis nantinya pada tools Automatic Process.

Berfungsi untuk menghilangkan data atau radiasi K-alpha2 yang kemungkinan muncul pada saat pengujian y

Berfungsi untuk membuat data XRD rata sebagai substrak background.

Tools ini berfungsi untuk smoothing atau memperhalus data XRD ketika data terlihat sangat acak baik itu dalam fase amorf atau kristal

Peak Search, berfungsi untuk mencari puncak yang terbentuk pada data XRD yang dianalisis secara otomatis sekaligus menampilkan data atau pola kalkulasi

Berfungsi untuk menentukan atau memilih pergeseran pada sumbu 2 theta untuk memperbaiki kesalahan titik nol (zero-point error)


Add Peaks, berfungsi untuk menambahkan satu puncak atau lebih ke dalam data XRD

Fit Profile, berfungsi untuk mencocokkan data kalkulasi dengan data eksperimen guna memperoleh posisi puncak-puncak difraksi dan intensitas yang terbentuk.

Berfungsi memilih sudut 2theta untuk mengoptimasi pencocokan data pada saat proses fitting profile berlangsung. Tools ini sebaiknya terus diaktifkan dengan cara mengklik ikonnya.

Berfungsi untuk memilih nilai intensitas untuk mengoptimasi pencocokan data pada saat proses fitting profile berlangsung. Tools ini sebaiknya terus diaktifkan dengan cara mengklik ikonnya.

Berfungsi untuk memilih nilai FWHM (Full Widht Half Maximum) mengoptimasi pencocokan data pada saat proses fitting profile berlangsung. Tools ini sebaiknya terus diaktifkan dengan cara mengklik ikonnya.

Search and match, berfungsi untuk mencari kandidat fase senyawa yang kemungkinan cocok (matching) antara database dengan data XRD yang dianalisis.

Tools yang berada tepat disamping ikon Search and Match ini berfungsi untuk mengatur parameter-parameter yang akan digunakan pada saat proses Search and Match berlangsung.

Select as Matching, berfungsi umtuk menetapkan data yang dianggap cocok atau sesuai (matching) antara database dengan data eksperimen.

Report, berfungsi untuk menampilkan hasil analisis yang telah dilakukan.

Berfungsi sebagai perintah untuk mengerjakan proses pencetakan hasil analisis dan meyimpan file ketika hasil analisis data XRD telah sesuai yang diharapkan.

Undo, berfungsi untuk mengebalikan kinerja sebelumnya

Redo, memiliki fungsi kebalikan dari Undo

Berfungsi untuk menghentikan proses data atau pola kalkulasi ketika pola kalkulasi telah cocok dengan data eksperimen. Pola kalkulasi yang baik dapat dilihat ketika nilai Calculated Pattern (eks peaks) Rp (%) sangat kecil. Semakin kecil nilai Rp maka pola kalkulasi lebih sesuai denga pola eksperimen.

Berfungsi untuk mengubah referensi database yang digunakan dalam analisis data XRD.

Berfungsi untuk mengatur database milik user dimana kita dapat membuat, memodifikasi sebuah database dari pola difraksi yang kita miliki.

Tools ini merupakan pengaturan umum Match!

Berfungsi untuk mengubah warna pola difraksi, kandidat fase yang dipilih, data kalkulasi, pola rietveld (untuk analisis kunatitatif), deferensi, dan lain-lain.

Tools ini berfungsi sebagai tempat pengaturan tampilan pola difraksi yang telah dianalisis.

Demikian artikel penjelasan singkat tentang Pengenalan Tools Match! 2 dan Fungsinya semoga bermanfaat bagi pembaca baik itu kalangan akademisi yang menggeluti bidang ilmu fisika maupun kalangan masyarakat umum untuk menambah wawasan akan bidang ilmu lain.