Definisi Ilmu Fisika

Definisi Ilmu Fisika

Pengertian Ilmu Fisika

Fisika (bahasa Yunani: φυσικός (fysikós), yang berarti "alamiah", dan φύσις (fýsis), "alam") adalah sains atau ilmu pengetahuan tentang alam dalam makna yang terluas. Ilmu Fisika mempelajari mengenai tentang gejala alam yang tidak hidup atau materi dalam lingkup ruang dan waktu. Para fisikawan atau ahli fisika mempelajari perilaku dan sifat materi dalam bidang yang sangat beragam, mulai dari partikel submikroskopis yang membentuk berbagai materi seperti atom hingga sub-sub atomik (fisika partikel) hingga perilaku materi alam semesta (makroskopis) sebagai satu kesatuan kosmos.

Beberapa sifat yang dipelajari dalam fisika merupakan sifat yang ada dalam semua sistem materi yang ada, seperti hukum kekekalan energi. Sifat semacam ini sering disebut sebagai hukum fisika. Fisika seringkali disebut dengan "ilmu paling mendasar", karena setiap ilmu alam di bidang lainnya misal biologi, kimia, geologi, dan lain-lain, mempelajari jenis sistem materi tertentu yang tunduk pada hukum fisika. Misalnya, kimia adalah ilmu tentang molekul dan zat kimia yang dibentuknya. Sifat suatu zat kimia ditentukan oleh sifat molekul yang membentuknya, yang dapat dijelaskan oleh ilmu fisika seperti mekanika kuantum, termodinamika, dan elektromagnetika.

Fisika juga berkaitan erat dengan matematika. Teori fisika banyak dinyatakan dalam notasi matematis, dan matematika yang digunakan biasanya lebih rumit daripada matematika yang digunakan dalam bidang sains lainnya. Perbedaan antara fisika dan matematika adalah: fisika berkaitan dengan pemerian dunia material, sedangkan matematika berkaitan dengan pola-pola abstrak yang tak selalu berhubungan dengan dunia material. Namun, perbedaan ini tidak selalu tampak jelas. Ada wilayah luas penelitan yang beririsan antara fisika dan matematika, yakni fisika matematis, yang mengembangkan struktur matematis bagi teori-teori fisika.

Demikian Artikel penjelasan tentang Defenisi Ilmu Fisika semoga bermanfaat bagi pembaca baik itu kalangan akademisi yang menggeluti bidang ilmu fisika maupun kalangan masyarakat umum untuk menambah wawasan akan bidang ilmu lain.



Referensi
Wikipedia, 2020. Fisika. https://id.wikipedia.org/wiki/Fisika. Diakses pada tanggal 20 November 2020.