Apa Itu Match! - Software Analisis Data XRD (X-Ray Diffraction)

Para akademisi yang mengambil ilmu pengetahuan alam khususnya bagi Anda yang mendalami ilmu material, teknik metalurgi atau rekayasa bahan, fisika material, ilmu kimia sains dan lain-lain pastinya tidak asing lagi dengan data-data atau hasil analisis pola difraksi. Data pola difraksi atau biasa disebut dengan data XRD (X-Ray Diffraction) seringkali digunakan untuk mengidentifikasi material atau bahan yang di uji. Terdapat barbagai alat uji atau instrumen XRD yang saat ini banyak digunakan untuk mengkarakterisasi suatu material seperti Shimadzu, Phillips, Rigaku, dan lain-lain yang tentunya memiliki teknik XRD tersendiri.

Apa Itu Match! - Software Analisis Data XRD (X-Ray Diffraction)

Melalui teknik XRD tersebut maka akan lebih mudah mengetahui karakteristik dari sampel atau material yang diuji. Setiap mesin XRD pada dasarnya dilengkapi dengan software atau program bawaan dari mesin. Akan tetapi sangat sedikit kemungkinan bagi Anda untuk dapat menggunakannya kecuali jika Anda adalah operator mesin tersebut.

Terdapat program atau software yang telah dikembangkan oleh Crystal Impact yang diberi nama Match! untuk dapat menganalisis data XRD dari mesin XRD apapun (adapun yang tidak bisa tentunya dapat dikonversi ke file yang dapat dibaca oleh Match!), sehingga masalah dapat teratasi dan tentunya kita dapat merasakan sensasi bagaimana menganalisis data XRD tersebut. Program ini sangat efektif digunakan bagi para ilmuwan, peneliti, dosen maupun mahasiswa.

Match! adalah sebuah aplikasi yang dibuat untuk memudahkan dalam mengidentifikasi fase data difraksi dari sampel berbentuk serbuk. Prinsip dasar program ini yaitu membandingkan pola difraksi sampel anda (yang diperoleh dari hasil pengukuran instrumen XRD) dengan database yang berisi pola difraksi referensi untuk mengidentifikasi fase yang terdapat dalam sampel Anda metode ini biasa disebut dengan search and match atau analisis data XRD secara kualitatif. Selain mengidentifikasi fase sampel, match! juga dapat mengidentifikasi struktur kristal, parameter kisi, densitas, dan volume kristal sampel. Saat ini, software Match! telah berkembang ke versi ketiganya dimana kita dapat menganalisis data XRD secara kuantitatif atau biasa disebut dengan metode Rietveld. Dalam proses analisis kuantitatif ini digunakan software tambahan yaitu aplikasi FullProf yang terintegrasi di dalam Match!. Jadi bagi Anda yang menggeluti bidang sains, maka software Match! ini sangat wajib untuk Anda miliki.