Pengenalan Tampilan Awal Match! 2 Software Analisis Data XRD

Pengenalan Tampilan Awal Match! 2 Software Analisis Data XRD

Match! 2 adalah software identifikasi atau analisis data XRD baik dalam bentuk analisis kualitatif ataupun kuatitatif. Sebelum kita melakukan analisis data XRD melalui aplikasi ini, maka sangat penting bagi kita untuk mengetahui tampilan awal atau start screen dari software ini. Pengenalan start screen Match! 2 ini sangat penting bagi Anda, sebagai pengetahuan dasar mengenai software ini. Berikut adalah tampilan start screen atau lembaran kerja kosong dan bagian-bagian penting Match! yang harus anda ketahui:

Tampilan Awal Match! 2

Gambar 1. Tampilan Awal Match! 2

Berikut adalah uraian atau penjelasan setiap icon yang diberikan dalam bentuk angka berdasarkan urutan yang disajikan pada gambar di atas:
  1. Pada kotak merah nomor 1 merupakan tempat dimana data sampel eksperimen XRD anda ditampilkan. Bagian ini terdiri dari I rel. (Intensitas relatif), sudut 2 theta, tombol menambahkan data file xrd, dan informasi radiasi x-ray yang diapklikasikan ke software.
  2. Menu bar, bagian ini merupakan perintah (command) utama dalam software Match! 2 ini yang terdiri dari menu file, edit, view, pattern, search, entries, tools, dan help.
  3. Tools Bar, Pada bagaian ini terdiri dari peralatan yang digunakan dalam mamasukkan, mengedit, dan menganalisis data XRD.
  4. Pada kotak merah nomor 4 merupakan alat bantu mencari fase senyawa yang terdapat dalam sampel, dimana fitur pencarianya bisa berdasarkan nama fase senyawa dan nomor entri di COD, komposisi yang dilengkapi dengan fitur tabel periodik, struktur kristal, karakteristik sampel yang dianalisis, puncak sampel yang diperkirakan akan muncul, referensi dari jurnal-jurnal ilmiah, dan subfiles yang berkaitan.
  5. Kotak merah nomor 5 merupakan kolom kandidat fase senyawa yang ditawarkan oleh software Match! yang kemungkinan compare dengan data XRD yang anda analisis.
  6. Kotak merah nomor 6 adalah overview dari kauntitas fase senyawa yang dipilih pada kolom kandidat fase. Pada bagain ini akan ditampilkan fase senyawa yang dipilih beserta kuantitas yang dimiliki (dinyatakan dalam %).
Demikian artikel penjelasan singkat tentang Pengenalan Tampilan Awal Match! 2 Software Analisis Data XRD  semoga bermanfaat bagi pembaca baik itu kalangan akademisi yang menggeluti bidang ilmu fisika maupun kalangan masyarakat umum untuk menambah wawasan akan bidang ilmu lain.