Kelebihan dan Kekurangan Media Pembelajaran yang Harus Dipahami

Kelebihan dan Kekurangan Media Pembelajaran

Kelebihan dan Kekurangan Jenis-Jenis Media Pembelajaran

Media pembelajaran ada banyak macam dan jenisnya. Mulai dari yang terkecil dan murah sampai yang canggih dan mahal. Terdapat media yang bisa dibuat oleh instruktur sendiri, ada pula media yang diproduksi oleh pabrik. Ada media yang sudah tersedia di lingkungan yang bisa langsung kita gunakan, ada juga media yang di rancang khusus untuk keperluan pembelajaran

Walaupun jenis media yang digunakan sangat banyak, namun jenis media yang digunakan oleh pengajar di dalam kelas tidak banyak. Beberapa media yang lebih familiar dan hampir semua LPK digunakan adalah media cetak. Selain itu, banyak LPK telah menggunakan jenis media gambar, model, overhead projector (OHP) dan benda nyata lainnya. Sedangkan media lain seperti kaset audio, video, VCD, slide (film bingkai), program pembelajaran komputer masih jarang digunakan walaupun sebenarnya sudah familiar bagi kebanyakan instruktur. Berikut akan diuraikan kelebihan dan kekurangan media pembelajaran yang harus dipahami.

  • Media Audio

Media audio adalah jenis media yang digunakan dalam proses pembelajaran yang hanya melibatkan indra pendengaran siswa. Indra pendengaran sangat efektif dalam mengolah informasi yang diperoleh dari sumber informasi. Contoh dari media audio ini adalah kaset audio, siaran radio, CD dan telepon. Berikut akan dijelaskan Kelebihan dan Kekurangan Media Pembelajaran Audio. Secara umum media audio memiliki kelebihan antara lain: relatif murah, mudah didapat dan digunakan, fleksibel untuk digunakan baik secara berkelompok maupun untuk perorangan sendiri, bentuknya mudah dibawa kemana-mana. Adapun kekurangannya sifat komunikasinya satu arah, biasanya transmisi tersentralisasi sehingga guru tidak bisa mengontrol, penjadwalan pelajaran dan transmisi sering menimbulkan masalah.  


  • Media Cetak

Media cetak merupakan media yang sederhana dan mudah ditemukan dimanapun dan kapanpun. Media pembelajaran ini juga bisa dibeli dengan harga yang relatif murah dan bisa didapatkan di toko terdekat. Buku, brosur, flyer, formulir, LKS dan handout merupakan bagian dari media cetak. Berikut akan dijelaskan Kelebihan dan Kekurangan Media Pembelajaran Cetak. Kelebihan atau keunggulan menggunakan media cetak adalah mudah diperoleh, fleksibel, portabel dan murah.

Namun, media cetak memiliki kekurangn terutama bagi peserta didik bagi yang malas membaca, serta tidak memiliki wawasan yang memadai di awal. Selain itu, penggunaan media cetak menyulitkan bagi mereka yang tidak senang belajar dengan menghafal atau bagi guru yang menerapkan proses belajar dengan hafalan karena akan ketinggalan materi mengingat banyak yang harus dikuasai. Media cetak juga cenderung digunakan satu arah dan tidak dapat berinteraksi timbal balik. Media cetak seperti buku paket cenderung hanya digunakan untuk sekedar mengajarkan kurikulum dan tidak untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan 


  • Media Audio dan Cetak

Media cetak dan audio adalah media yang terdiri dari audio dan media cetak seperti kaset audio dengan bahan tertulis. Berikut akan dijelaskan Kelebihan dan Kekurangan Media Pembelajaran Audio dan Gerak. Kelebihan dari media ini adalah menarik dan memotivasi siswa untuk lebih banyak mempelajari materi membuat model yang akan ditiru oleh siswa, menyiapkan variasi yang menarik dan perubahan kecepatan belajar suatu topik atau masalah, maka kemampuan media ini dinilai lebih baik dan menarik. karena dua elemen multimedia yaitu audio dan video.


  • Media Proyeksi Visual Diam

Media pembelajaran proysi visual diam ini berupa film bingkai (slide) bersuara. Kelebihan media ini adalah sifatnya yang menarik dan memotivasi siswa untuk mempelajari materi lebih banyak menjadikan model yang akan ditiru oleh Siswa, memberikan variasi yang menarik dan perubahan tingkat kecepatan belajar mengenai suatu pokok bahasan atau sesuatu masalah, kemampuan media ini dianggap lebih baik dan menarik karena dua unsur media, yaitu audio dan visual, Siswa tidak bosan. Adapun kekurangan media ini yaitu terlalu menekankan pada penguasaan materi dari pada proses pengembangannya dan tetap memandang materi audio visual sebagai alat bantu guru dalam proses pembelajaran, membutuhkan kreatifitas dan seni, Sangat bergantung pada daya listrik.


  • Media Audio Visual

Berikut akan dijelaskan Kelebihan dan Kekurangan Media Pembelajaran Audio Visual. Kelebihan media audio visual adalah sifatnya yang menarik dan memotivasi siswa untuk mempelajari materi lebih banyak menjadikan model yang akan ditiru oleh siswa, memberikan variasi yang menarik dan perubahan tingkat kecepatan belajar mengenai suatu pokok bahasan atau sesuatu masalah, Kemampuan media ini dianggap lebih baik dan menarik karena unsur media visual, dan siswa tidak akan mudah bosan, hasilnya lebih mudah untuk dipahami, dan informasi yang diterima lebih jelas dan cepat dimengerti. Sedangkan kelemahan media audio visual adalah suaranya terkadang tidak jelas, terlalu menekankan pada penguasaan materi dari pada proses pengembangannya dan tetap memandang materi visual sebagai alat bantu, membutuhkan kreatifitas dan seni & Biaya, Sangat bergantung pada daya listrik, pelaksanaannya cukup lama dan memakan waktu, dan biayanya relative lebih mahal .


  • Media Film

Berikut akan dijelaskan Kelebihan dan Kekurangan Media Pembelajaran Film. Kelebihan dari media pembelajaran berbasis film ini yaitu membuat pembelajaran menarik dan bervariasi, merangsang imajinasi, kristis memahami suatu peristiwa, mempermudah untuk menjelaskan suatu peristiwa, mengkongkritkan sesuatu yang abstrak, cepat mengingat dan memahami peristiwa, film sebagai audio visual yang menyenangkan, membuat perkuliahan efektif dan aktif, meningkatkan hasil belajar. Sedangkan kelemahan media pembelajaran berbasis film ini adalah media film memerlukan tempat dan waktu, perlu biaya mahal dan pembuatannya butuh waktu lama, tidak dapat menggambarkan realitas sebenarnya 


  • Media Objek Fisik

Media pembelajaran objek fisik ini melibatkan benda nyata, model dan specimen. Kelebihan media ini yaitu membantu siswa dalam menghubungkan pengetahuan baru dan pengetahuan terdahulu, membantu siswa membentuk dan menginternalisasi representasi masalah atau tugas, membantu siswa mengidentifikasi persamaan antara masalah baru dan pengalaman yang lalu yang berisikan masalah yang serupa, membiarkan eksplorasi siswa tak terintangi. Adapun kekurangannya: membuat siswa menjadi lebih cepat bosan, tidak efektif penyampaiannya jika terlalu banyak audiens, penyampain materi tidak akan dipahami oleh siswa jika suara tidak terdengar.


  • Media Komputer

Komputer berkembang tidak lagi berfungsi hanya sebagai sarana komputasi,melainkan telah menjadi sarana untuk berkomunikasi. Penggunaan komputer telah membentuk jaringan yang mendunia. Sebagai pengguna jaringan komputer kita dapat berkomunikasi dengan jaringan komputer yang ada di seluruh dunia. Kita dapat mencari dan memperoleh beragam informasi dan pengetahuan yang diperlukan.

Kelebihan dari media pembelajaran Media Komputer adalah Sebagai peranan supervisi dan meringankan beban pendidik terhadap berbagai tanggug jawab managerial yang memakan waktu, memungkinkan siswa untuk belajar lebih lama dan dapat mengungkapkan berbagai kebutuhan khusus siswa, komputer dapat mengakomodasi siswa yang lamban menerima pelajaran karena ia dapat memberikan iklim yang lebih efektif dengan cara yang lebih individual tidak pernah lupa, tidak pernah bosan sangat sabar dalam menjalankan instruksi seperti yang diinginkan program yang digunakan, komuter dapat merangsang siswa untuk mengerjakan latihan dan melakukan kegiatan laboratorium atau simulasi. Hal ini karena tersedianya animasi grafik warna dan musik dalam komputer sehingga dapat menambah realisme, kendali berada di tangan siswa, sehingga tingkat kecepatan belajara siswa dapat disesuaikan dengan tingkat penguasaannya, dapat berhubungan dan mengendalikan peralatan lain seperti compact disc video tape dan lain-lain. 

Adapun kekurangannya yaitu meskipun harga perangkat keras komputer cenderung semakin menurun (murah) namun pengembangan perangkat lunaknya masih relatif mahal, untuk menggunakan komputer diperlukan pengetahuan dan keterampilan khusus tentang komputer, keragaman model komputer (hardware) sering menyebabkan program (software) yang tersedia untuk satu model tidak cocok dengan model yang lainnya.


Referensi

Azhar Arsyad, 2014. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. Hal. 79-81

Hasmiana Hasan, 2016. Penggunaan Media Audio Visual Terhada Ketuntasanbelajar Ips Materi Perkembangan Teknologi Produksi, Komunikasi, Dan Transportasi Pada Siswa Kelas Iv Sd Negeri 20 Banda Aceh. Jurnal Persona Dasar Vol. 3 No 4 Hal 22-23 [1] Ratu Husmiati, 2010. Kelebihan Dan Kelemahan Media Film Sebagai Media Pembelajaran Sejarah. Jurnal Sejarah Lontar. Vol 7 No 2 Hal 61-72

Muhammad Yaumi, 2017. Ragam Media Pembelajaran: Dari Pemanfaatan Media Sederhana ke Penggunaan Multi Media. Disajikan pada Seminar Nasional dan Workshop tentang Pemanfaatan Media Pembelajaran dan Pengembangan Evaluasi Sistem Pembelajaran Berorientasi Multiple Intelligences. PPs STAIN Pare-Pare. Hal 37-38

Sulaemana, 1985. Media Audiovisual: Untuk Pengajaran, Penerangan, Penuluhan. Jakarta: PT Gramedia. Hal 30-31
Lebih baru Lebih lama