Sistem Kristal Ortorombik (Orthorhombic Crystal System)

Sistem Kristal Ortorombik

Dalam studi kristal, ada klasifikasi berdasarkan geometri dasar kristal. Para ilmuwan menamakan kelompok-kelompok ini sebagai sistem kristal primitif. Sistem kristal ortorombik adalah salah satu kategori di mana kita dapat mengklasifikasikan padatan kristal kita. Nama-nama ketujuh sistem kristal tersebut adalah sebagai berikut: kubik, tetragonal, ortorombik, heksagonal, triklinik, monoklinik, dan belah ketupat. Sistem ini bekerja berdasarkan prinsip tiga sumbu tempat kita menggambar kristal dan hubungan sumbu satu sama lain. Artikel ini memfokuskan pada struktur ortorombik. 

Defenisi sistem Kristal Ortorombik

Dalam kategori sistem kristal ini, kita dapat menempatkan kristal pada tiga sumbu yang saling tegak lurus dengan panjang yang tidak sama. Properti ini adalah karakteristik yang menentukan dari grup ini. Sistem kristal ortorombik memiliki kumpulan sel satuan sendiri. Untuk memahami apa itu sel satuan, kita harus membayangkan atom atau gugus atom dalam struktur kristal sebagai titik. Jika kita menggabungkan titik-titik ini, kita memperoleh struktur yang dikenal sebagai kisi. Jika kita amati, kisi ini terdiri dari tumpukan balok, dan ini kita sebut sel satuan

Dalam kristalografi, sistem kristal ortorombik merupakan salah satu dari 7 sistem kristal. Ortorombik adalah Sistem tiga sumbu yang masing-masing saling bersudut 90° dan sumbu x vertikal dan terpendek dengan sumbu a yang panjangnya sedang dan dari depan ke belakang dan sumbu B diambil dari kiri ke kanan dengan yang terpanjang

Kisi ortorombik dihasilkan dari peregangan kisi kubik di sepanjang dua pasangan ortogonalnya oleh dua faktor yang berbeda, menghasilkan prisma persegi panjang dengan alas persegi panjang ( a dan b ) serta tinggi ( c ), sehingga a , b , dan c berbeda. Ketiga alas berpotongan pada sudut 90°, sehingga ketiga vektor kisi tetap saling ortogonal(Ini berbentuk kubus dengan 3 panjang sisi yang berbeda untuk orang lain yang bingung).

Sel Unit Ortorombik

Sel satuan ortorombik memiliki serangkaian karakteristik uniknya sendiri. Sel satuan ini memiliki seperangkat tiga sumbu yang kita sebut sumbu simetri ganda. Jika kita memutar kristal di sekitar garis-garis ini dengan sudut 180°, kristal tidak akan berubah penampilannya. Untuk memenuhi sifat ini, sel satuan harus memiliki karakteristik tertentu yang ditentukan. Dalam sel satuan ortorombik, sudut antara dua sisi selalu 90°. Panjang tepi bisa, bagaimanapun, menjadi tidak sama. 

Contoh Material yg memiliki Struktur Ortorombik

Beberapa contoh padatan kristal yang mengambil struktur ortorombik adalah sebagai berikut:
  1. marcasite
  2. cerussite 
  3. barit 
  4. staurolit
  5. batu topas
  6. ortoenstatit 
  7. aragonit 
  8. olivin 
  9. sementit 
  10. alfa-sulfur

Kisi bravais pada sistem kristal ortorombik

Ada empat kisi Bravais ortorombik: ortorombik primitif, ortorombik berpusat-dasar, ortorombik berpusat pada tubuh, dan ortorombik berpusat pada wajah.


Varian dari Sistem Kristal Ortorombik

Sistem ortorombik mengalami klasifikasi lebih lanjut untuk menghasilkan tiga subkelompok kristal. Karakteristik umum dari subkelompok ini adalah bahwa mereka terdiri dari tiga sumbu yang saling tegak lurus yang tidak sama panjangnya. Jenis-jenis ini masing-masing diberi nama sistem kristal ortorombik pusat-tubuh, sistem kristal ortorombik berpusat-dasar, dan sistem kristal ortorombik berpusat-wajah. Definisi dari masing-masing sistem kristal tersebut adalah sebagai berikut: 

  • Sistem Kristal Ortorombik Berpusat pada Tubuh: Dalam jenis struktur kristal ini, titik kisi berada di tengah sel satuan. 
  • Sistem Kristal Ortorombik Berpusat Basis: Dalam jenis struktur kristal ini, ada titik kisi di tengah masing-masing kedua ujungnya. 
  • Sistem Kristal Ortorombik Berpusat Wajah: Dalam jenis struktur kristal ini, terdapat titik kisi di tengah setiap sisi

Referensi

Vedantu. 2022. Orthorhombic System. https://www.vedantu.com/physics/orthorhombic-system. Diakses pada tanggal 14 November 2022

Sitasi Artikel

Thinks Physics. 2022. Sistem Kristal Ortorombik (Orthorhombic Crystal System). https://www.thinksphysics.com/2022/11/sistem-kristal-ortorombik-orthorhombic.html . Diakses pada tanggal (tanggal akses anda)
Lebih baru Lebih lama