Jasa Pengujian dan Analisis XRF (X-Ray Fluorescence) Terpercaya


Teknik fluoresensi sinar-X (XRF) merupakan salah satu teknik analisis yang digunakan dalam menganalisis unsur-unsur yang membangun suatu material tertentu. Selain itu, teknik Pengujian dan Analisis XRF ini juga dapat digunakan dalam menentukan konsentrasi unsur berdasarkan panjang gelombang dan jumlah sinar x yang dipancarkan kembali setelah material menerima sinar-X yang berenergi tinggi.

Pada teknik Pengujian dan Analisis XRF, digunakan sinar-X dari suatu tabung pembangkit sinar-X yang bertujuan untuk mengeluarkan elektron dari kulit bagian dalam untuk menghasilkan sinar-X baru dari sample yang di analisis. Seperti yang terdapat pada tabung pembangkit sinar-X, elektron dari kulit dalam suatu atom pada sample analit menghasilkan sinar-X dengan panjang gelombang yang merupakan karakteristik dari setiap atom di dalam sample yang di analisis. Setiap atom di dalam sample, intensitas dari karakteristik sinar-X tersebut akan berbanding lurus dengan jumlah atau konsentrasi atom di dalam sampel. Dengan demikian, intensitas dari karakteristik sinar-X dari setiap unsur dapat diukur. Selain itu, dapat membandingkan intensitas yang dihasilkan dengan standar yang diketahui konsentrasinya, sehingga konsentrasi unsur yang terdapat dalam sampel dapat teridentifikasi.
Jasa Pengujian dan Analisis XRF
Gambar 1. Alat Uji XRF Tipe ARL QUANT'X EDXRF Spectrometer
Prinsip kerja Analisis XRF yaitu dimulai dari penembakan radiasi foton elektromagnetik ke material atau sampel uji. Radiasi elektromagnetik yang ditembakkan akan berinteraksi dengan elektron yang berada di sub kulit K dari sampel tersebut. Setelah foton ditembakkan, maka elektron yang terdapat di kulit K akan memiliki energi kinetik yang cukup untuk melepaskan diri dari ikatan inti yang sering disebut dengan istilah eksitasi elektron sehingga elektron tersebut akan terpental keluar (Gambar 2).
Jasa Pengujian dan Analisis XRF Murah dan Terpercaya


Jasa-Pengujian-dan-Analisis-XRF-Murah-dan-Terpercaya
Gambar 2. Proses terbentuknya sinar-X dan hubungan antara intensitas X-Ray dengan energi foton yang ditembakkan
Instrumen yang digunakan untuk melakukan pengujian dan analisis tersebut dinamakan X-Ray Fluorescence Spektrometer. Instrumen ini terdiri dari tabung pembangkit sinar-X yang mampu mengeluarkan elektron dari semua jenis unsur yang sedang diteliti (Skema kerja alat daat dilihat pada gambar 3). Sinar-X ini yang dihasilkan harus berenergi sangat tinggi, sehingga anoda target dalam tabung pembangkit harus berupa unsur Cr, Mo, W, atau Au.

Baca juga jasa lainnya: Jasa Analisis Data XRD Kualitatif dan Kuantitatif (Rietveld Refinement)

Teknik ini merupakan teknik yang paling banyak digunakan dalam menganalisis kandungan batuan karena membutuhkan jumlah sample yang relative kecil (hanya sekitar 1 gram). Teknik ini dapat digunakan untuk mengukur unsur-unsur yang dominan terdapat dalam batuan atau mineral.
Jasa-Pengujian-dan-Analisis-XRF-Murah-dan-Terpercaya
Gambar 3. Skema kerja alat uji XRF
Adapun keunggulan dari pengujian XRF ini adalah Akurasi yang relative tinggi, Dapat menentukan unsur dalam material tanpa adanya standar (bandingkan dg. AAS), Dapat menentukan kandungan mineral dalam bahan biologis maupun dalam tubuh secara langsung.

Kami menyediakan Jasa Pengujian dan Analisis XRF yang siap melayani Anda dari berbagai daerah di seluruh Indonesia mulai dari project penelitian untuk pemerintahan, Non-Goverment Organization (NGO), Universitas, ataupun bagi Anda yang sedang melakukan penelitian berupa skripsi, tesis, disertasi, serta apapun yang berkaitan dengan analisis data XRF. Analisis data XRF ini pada dasarnya digunakan untuk keperluan karakterisasi sampel atau material untuk dapat mengetahui unsur-unsur penyusun dalam suatu material.

Adapun tahapan yang harus dilakukan oleh klien untuk menggunakan Jasa Analisis Data XRF (X-Ray Fluorescence) kami adalah sebagai berikut:
  1. Klien memberikan informasi tentang history sampel yang akan dianalisis, seperti bahan utamanya dari apa dan unsur dominan yang diharapkan.
  2. Sampel dalam bentuk padatan atau bongkahan yang merupakan material sintesis atau alam sebaiknya dimilling atau dihaluskan terlebih dahulu dengan ukuran butir kurang dari 400 mesh dengan minimal bobot sampel uji yang akan dikirimkan adalah 5 gram.
  3. Jika sampel dalam bentuk cairan, maka sampel harus segar sebelum dianalisis dan analisis dilakukan secara cepat jika sampel mudah menguap serta sampel uji tersebut tidak boleh mengandung endapan.
Sampel penelitian yang klien kirim akan di uji menggunakan instrumen tipe ARL QUANT'X EDXRF milik thermoscientific yang dilengkapi software UniQuant di Universitas Hasanuddin.

Adapun harga Jasa Pengujian dan Analisis XRF kami adalah Rp. 250.000 / sampel.
*Untuk proses negosiasi, mari kita bicarakan di WhatsApp

Pesan-jasa-pengujian-dan-analisis-XRF-murah-dan-terpercaya

Untuk proses pembayaran Jasa Pengujian dan Analisis XRF ini, kami menerima pembayaran melalui proses transfer bank BNI maupun BRI. Jika sudah terdapat kesepakatan harga antara kami pemberi jasa dengan klien, maka pembayaran dilakukan bersamaan dengan pengiriman sampel uji yang akan dianalisis XRF.

Pengiriman hasil Analisis data XRF nantinya akan dikirim melalui e-mail (soft file) milik klien. Jadi, bagi Anda yang membutuhkan Jasa Pengujian dan Analisis Data XRF, silahkan langsung menghubungi atau mengklik kontak yang kami sediakan di atas terima kasih.