Apa Itu Transmisi Data

Apa itu Transmisi Data

Pengertian Transmisi Data

Transmisi Data adalah proses pengiriman sinyal informasi dari suatu tempat ke tempat yang lain menggunakan media transmisi. Informasi yang di transmisikan dapat berupa audio(suara), video(gambar) dan data(huruf, angka, dll). Adapun dalam transmisi data ini ada beberapa bagian penting yang terdapat di dalamnya yaitu sinyal dan modulasi, media transmisi data, arah transmisi data, dan mode transmisi data 

Sinyal dan Modulasi, merupakan gelombang elektromagnetik yang digunakan untuk mentransmisikan data atau informasi dari suatu tempat ke tempat lainnya.. Sedangkan modulasi adalah penggabungan sinyal data dan sinyal data yang merupakan sinyal pembawa atau carrier yang bertujuan untuk mengirimkan informasi/data dan meminimalkan noise.

  • Media Transmisi data adalah media yang digunakan untuk mengirimkan data antara pengirim dengan penerima data tersebut. Media transmisi data berupa Guided Transmission Media dan Unguided Transmission Media. Guided Transmission Media yang menggunakan system kabel dan Unguided Transmission Media yang menggunakan system gelombang elektromagnetik.
  • Arah Transmisi Data adalah suatu proses yang menjelaskan arah kontak transmisi data yang terjadi antara pengirim dan penerima data. Arah transmisi data dibagi menjadi simplex, half duplex, dan full duplex.
  • Mode Transmisi, adalah suatu proses transmisi data dari suatu media atau alat menuju media atau alat lainnya. Mode transmisi ini memengaruhi jumlah jalur media transmisi yang digunakan. Mode transmisi dibagi menjadi serial transmission dan parallel transmission.

Demikian artikel penjelasan tentang Apa Itu Transmisi Data semoga bermanfaat bagi pembaca baik itu kalangan akademisi yang menggeluti bidang ilmu fisika maupun kalangan masyarakat umum untuk menambah wawasan akan bidang ilmu lain.