Konsep Usaha dalam Kehidupan Sehari–hari

Konsep Usaha dalam Kehidupan Sehari–hari

Konsep Usaha

Dalam kehidupan sehari-hari, usaha berarti segala sesuatu yang dilakukan manusia. usaha dalam istilah sehari-hari berbeda dengan pengertian usaha menurut fisika. Usaha dalam fisika, terkait dengan perubahan. Seperti kita ketahui, gaya bisa menghasilkan perubahan. Ketika suatu gaya bekerja pada suatu benda diam, ia dapat mengubah posisinya. Sedangkan jika gaya bekerja pada benda yang bergerak maka kecepatan benda tersebut dapat berubah. Pengertian kerja yang berkaitan dengan gaya dan perpindahan adalah bahwa ketika memindahkan massa yang lebih besar, dibutuhkan usaha yang lebih besar. Demikian pula, untuk memindahkan objek pada jarak yang lebih jauh, dibutuhkan lebih banyak usaha.

Berdasarkan fakta tersebut, pekerjaan dalam fisika hanya dilakukan oleh gaya-gaya yang bekerja pada benda yang menyebabkan benda tersebut mengalami perpindahan. Seseorang mencoba menarik lemari dengan mengerahkan seluruh tenaganya tetapi lemari tidak bergerak. Dalam kehidupan sehari-hari, orang ini melakukan usaha karena telah mengeluarkan sebagian energi kimianya. Namun secara fisika orang tersebut tidak berusaha di atas lemari karena lemari tidak bergerak. Berbeda kalau ada yang mendorong lemari, sehingga lemari berpindah tempat. Orang tersebut melakukan usaha karna lemari tersebut berpindah.

Usaha dapat didefinisikan sebagai “gaya yang dilakukan untuk memindahkan benda sejauh perpindahannya. Usaha terjadi ketika energi dipindahkan dari suatu sistem ke sistem yang lainnya”.

Untuk menghitung usaha , kita dapat menggunakan persamaan sebagai berikut :

W = F x s

Keterangan :

W = Usaha (Joule)

F = Gaya (Newton)

S = Perpindahan (Meter)

Berikut ini beberapa penerap lainnya :
1. Mendorong Mobil 
2. Karet Ketapel
3. Permainan ayunan
4. Memindahkan Batu
5. Melempar Bola
dan masih banyak lagi

Demikian artikel penjelasan tentang Konsep Usaha dalam Kehidupan Sehari–hari pada kesempatan kali ini semoga bermanfaat bagi pembaca baik itu kalangan akademisi yang menggeluti bidang ilmu fisika maupun kalangan masyarakat umum untuk menambah wawasannya akan bidang ilmu lain.


Referensi

A. Mikrajuddin. 2016. Fisika Dasar 1. Penerbit: Institut Teknologi Bandung

D. Halliday, R. Resnick, J. Walker. 2011. Fundamental of Physics. 9th Edition. Penerbit: John Wiley & Sons