Besaran Pokok dan Besaran Turunan Lengkap Mudah Dipahami

Besaran Pokok dan Besaran Turunan

Besaran ialah sesuatu yang dapat di ukur serta dapat dinyatakan dengan angka atau nilai dan memiliki satuan. Dalam kajian ilmu fisika terdapat dua besaran yang harus diketahui yaitu besaran pokok dan besaran turunan, besaran ini disebut juga dengan besaran fisika. Besaran pokok merupakan besaran tunggal atau dasar seperti waktu, panjang, suhu dan lain-lain sedangkan besaran turunan adalah turunan dari besaran-besaran pokok seperti kecepatan, percepatan, volume, dan lain-lain.Secara umum perbedaan besaran pokok dan besaran turunan dapat dilihat dari segi definisi dan satuan dimensinya. Jadi sebagai pengantar, adapun materi-materi yang akan dibahas dalam artikel kali ini adalah Besaran Pokok, Besaran Turunan, Dimensi Besaran, Rumus Besaran Pokok dan Besaran Turunan, serta contoh besaran pokok dan besaran turunan.
Besaran Pokok dan Besaran Turunan

Besaran Pokok

Pengertian Besaran Pokok

Besaran Pokok adalah besaran-besaran utama atau dapat dikatakan sebagai pondasi satuan yang dapat menurunkan besaran-besaran lainnya. Satuan besaran pokok juga telah ditentukan terlebih dahulu yang telah disepakati oleh para ilmuwan/saintis dunia sebagai sistem besaran pokok internasional. Pentingnya mengetahui besaran pokok yaitu tujuannya untuk memperkuat landasan ilmu pengetahuan kita mengenai satuan-satuan dalam ilmu fisika. Karena merupakan satuan basic, maka besaran pokok sangat penting untuk diketahui untuk mempermudah kita dalam menurunkan persamaan-persamaan nantinya untuk menemukan Besaran-Besaran Turunan.

Besaran Pokok dan Satuannya

Satuan besaran pokok yang diakui secara Internasional sebagai sistem satuan dasar oleh para Ilmuwan diseluruh dunia yang perlu diketahui terdapat tujuh kelompok besaran pokok. Adapun contoh besaran pokok adalah panjang, massa, waktu, kuat arus listrik, suhu, jumlah zat dan intensitas cahaya. Untuk penjelasan yang lebih detail, Berikut akan di sajikan macam macam besaran pokok yang harus diketahui:

Tabel Besaran Pokok

Seperti yang telah dibahas sebelumnya bahwa besaran pokok dalm ilmu fisika terdapat tujuh besaran. Berikut adalah tujuh tabel besaran pokok dilengkapi dengan satuannya yang dapat kita ketahui dengan mudah:

Besaran Pokok

Satuan

Simbol

Panjang

Meter

m

Massa

Kilogram

kg

Waktu

Sekon

S

Kuat Arus Listrik

Ampere

A

Suhu

Kelvin

K

Jumlah Zat

Mol

mol

Intensitas Cahaya

Kandela

cd


Adapun penjelasan dari tujuh besaran pokok di atas adalah sebagai berikut:

Panjang

Panjang merupakan satuan internasional (SI) meter (m). Satu meter dapat didefinisikan sebagai jarak yang dapat ditempuh cahaya dalam selang waktu 1 / 299.792.458 sekon.

Waktu

Waktu merupakan satuan internasional (SI) sekon (s). Satu detik diartikan sebagai waktu yang dibutuhkan atom cesium untuk bergetar 9.192.631.770 kali.

Massa

Massa adalah besaran utama untuk menentukan kuantitas suatu benda. Massa dinyatakan dalam kilogram (kg) dalam satuan internasional (SI). Massa didefinisikan sebagai massa silinder yang terbuat dari campuran platina-iridium yang saat ini disimpan di Sèvres, Paris, Prancis.

Suhu

Suhu adalah ukuran panas suatu benda. Suhu memiliki satuan internasional (SI) kelvin (K). Suhu adalah besaran utama yang nilainya dapat ditentukan secara langsung.

Intensitas cahaya

Intensitas cahaya adalah pancaran radiasi monokromatik satu arah dari sumber cahaya dengan frekuensi 540 x 1012 Hz yang memiliki intensitas dalam radian 1/683 watt per radian. Intensitas cahaya memiliki satuan internasional (SI) candela (cd).

Tenaga listrik

Arus listrik adalah besaran utama yang memiliki amp dalam satuan internasional (SI) (A). Ampere adalah besarnya arus listrik yang dibutuhkan untuk menggerakkan muatan listrik sebesar 1 couloumb selama 1 detik.

Jumlah zat

Jumlah zat ialah besaran yang menunjukkan jumlah unsur suatu zat, baik itu molekul, unsur, ion maupun senyawa. Jumlah zat sesuai dengan satuan internasional (SI) mol (mol). Satu mol didefinisikan sebagai jumlah zat yang memiliki hingga 12 gram atom karbon 12.

Besaran Turunan

Pengertian Besaran Turunan

Besaran Turunan adalah besaran yang diturunkan dari berbagai besaran pokok melalui persamaan-persamaan atau melalui hasil analisis maupun eksperimen. Hal ini bukan berarti besaran turunan hanya berasal dari besaran pokok itu sendiri namun bisa juga dari besaran turunan lainnya. Sebagai contoh untuk percepatan, percepatan merupakan perbandingan antara perubahan kecepatan terhadap selang waktu. Kecepatan adalah besaran turunan karena terdiri dari beberapa besaran pokok dan waktu adalah salah satu besaran pokok. Sehingga dapat disimpulkan bahwa percepatan merupakan besaran turunan yang berasal dari besaran pokok dan besaran turunan.

Tabel Besaran Turunan

Berbeda dengan besaran pokok yang hanya terdiri dari 7 satuan, besaran turunan memiliki banyak bentuk satuan. Berbicara masalah besaran turunan sebenarnya memiliki banyak klasifikasi jika ditinjau dari segi satuan dari setiap besaran yang saintifik. Sebagai contoh kecil, kecepatan merupakan besaran turunan yang memiliki satuan m/s (meter/sekon), percepatan memiliki satuan m/s^2) dan masih banyak lagi. Berikut beberapa Tabel atau kelompok besaran turunan yang dapat diklasifikasikan dengan catatan hanya diambil beberapa poin saja yang sifatnya secara umum sebagai gambaran yang lebih jelas agar lebih mudah dipahami, berikut akan dilampirkan berbagai contoh besaran turunan dilengkapi satuan besaran turunan tersebut yang bisa disimak:

Besaran Turunan

Simbol

Satuan

Volume

V

m3

Massa Jenis

ρ

Kg/m3

Kecepatan

v

m/s2

Percepatan

a

m/s

Gaya

F

Kg.m/s2

Momentum

p

Kg.m/s

Impuls

I

Kg.m/s

Energi

E

Joule

Usaha

W

Joule

Tegangan Listrik

V

Volt

Hambatan

Ohm

Medan Magnet

B

T

Medan Listrik

E

N/C

Dan masih banyak lagi....


Dimensi Besaran

Dimensi dalam suatu besaran adalah bagaimana cara suatu satuan besaran terdiri atas besaran-besaran pokoknya. Cara penulisan dimensi suatu besaran ditunjukkan dengan simbol huruf dan tanda kurung tertentu. Analisis dimensi besaran dapat dilakukan dengan cara menurunkan persamaan. Dimensi fisika pada dasarnya terbagi menjadi dua bagian yaitu dimensi besaran pokok dan dimensi besaran turunan.

Dimensi Besaran Pokok

Dimensi suatu besaran pada dasarnya dinyatakan dalam huruf besar atau simbol-simbol tertentu (biasanya huruf Yunani) yang kemudian diberikan tanda kurung berupa persegi. Berikut dimensi besaran pokok dalam ilmu fisika yang dapat disimak melalui tabel di bawah ini:

Tabel Dimensi Besaran Pokok
Tabel Dimensi Besaran Pokok

Dimensi Besaran Turunan

Dimensi dari suatu besaran turunan dapat ditentukan setelah menganalisis atau menurunkan suatu persamaan. Sebagai contoh, berikut adalah tabel besaran turunan dan dimensinya dimana yang diambil hanya sebagian kecil dari banyaknya besaran turunan:


Tabel Dimensi Besaran Turunan

Tabel Dimensi Besaran Turunan

Demikian Artikel penjelasan tentang Besaran Pokok dan Besaran Turunan Lengkap Mudah Dipahami semoga bermanfaat bagi pembaca baik itu kalangan akademisi yang menggeluti bidang ilmu fisika maupun kalangan masyarakat umum untuk menambah wawasan akan bidang ilmu lain.